Buat Surat Lamaran Kerja Anda Menjadi Iklan Produk Terbaik

Banyak para pencari kerja membuat surat lamaran secara asal-asalan. Tanpa berpikir mereka hanya meng-copy draft surat lamaran temannya. Dengan hanya mengganti sedikit informasi sesuai data mereka, surat lamaran dicetak banyak dan dikirim ke beberapa perusahan.

Mungkin mereka berpikir surat lamaran hanyalah sekedar syarat formal yang kecil pengaruhnya. Mereka tidak sadar bahwa proses pencarian karyawan selalu dinilai dari awal, sudah dinilai dari kualitas surat lamarannya.

Surat lamaran adalah iklan diri Anda. Sebagai iklan surat lamaran berfungsi :

1.     Menarik perhatian petugas penyeleksi karyawan (sebagai pelanggan Anda).
Surat lamaran Anda ada di antara tumpukan surat lamaran dari pencari karyawan lain. Bayangkan petugas penyeleksi karyawan harus membaca puluhan surat itu, apa yang membuat mereka tertarik untuk membaca lebih jauh surat lamaran Anda?

2.     Mempengaruhi petugas penyeleksi karyawan agar memilih Anda.
Setelah memikat petugas surat Anda harus mampu mempengaruhinya agar  memutuskan memilih Anda untuk proses selanjutnya yaitu wawancara kerja. Informasi yang ada dalam surat lamaran (resume) haruslah sesuatu yang mereka cari, yang mereka butuhkan.Mood petugas yang tinggi bisa drop saat data yang Anda cantumkan terlalu panjang  bertele-tele. Sekali lagi harus dipahami bahwa mereka tidak punya waktu banyak untuk membaca surat Anda. Tantangannya adalah bagaimana membuat surat lamaran (resume) yang singkat dan memukau.

Agar bisa memiliki dua fungsi tersebut Anda tidak mungkin membuatnya secara asal, sekedar copy-edit. Anda harus membuatnya sepenuh hati dan upaya sehingga menghasilkan karya tulis yang indah dan berdaya tinggi.

Anda harus mau meluangkan waktu dan pikiran untuk membuat surat lamaran yang berbeda bagi perusahaan yang berbeda.

                                                                                     gambar dari http://www.all-free-download.com
Previous
Next Post »