Tips Menulis Resume / CV yang “Menjual”



Menulis resume atau CV (curriculum vitae), sebagaimana menulis surat lamaran (cover letter), “membutuhkan perhatian” khusus, karena jika anda menulisnya secara asal tanpa memperhatikan apa saja yang seharusnya ada dalam sebuah CV atau resume, bisa jadi calon bos anda tidak tertarik untuk membacanya. 

Sekali lagi ingatlah, bahwa surat lamaran dan juga resume/CV anda adalah media yang sangat menentukan pada saat “kontak pertama” dengan recruiter, jika semua itu “tidak menggoda” calon bos anda untuk membaca maka dipastikan anda sudah gagal! Agar CV/ Resume anda menggoda calon bos anda, maka berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan.

 1. Layout / tata letak : anda bisa saja membuat CV / Resume dengan lay out (tata letak) yang standar, tetapi jika semua orang juga membuatnya seperti itu maka semua akan tampak biasa dan “tidak ada yang menonjol”. Oleh karenanya, desainlah CV / Resume anda dengan bagus sehingga orang akan tertarik membacanya begitu melihatnya. 

 2. Pahami dan Pelajari Posisi yang dilamar. Jika anda seorang fresh graduate (lulusan baru) maka anda perlu mencari informasi yang cukup untuk mengetahui tugas-tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang terkait dengan posisi anda lamar itu. Tentu saja tugas dan tanggung jawab ini sangat berkaitan dengan keterampilan (skill) yang dibutuhkan. 

 3. Relevan – Tulislah segala kelebihan dan keterampilan yang anda miliki yang relevan dengan posisi yang anda lamar.

 4. Prioritas – jika anda mempunyai banyak sekali kemampuang dna pengalaman yang mendukung untuk ditampilkan maka buat prioritas mana yang paling perlu dituliskan dan mana yang harus “disimpan”. Tampilkan yang memang “ada prestasinya” dan paling bagus di antara yang ada. 

5. Ringkas – buatlah CV / Resume anda secara ringkas, untuk Resume jangan lebih dari 1 lembar sementara untuk CV maksimal 2 lembar.

 6. Angka vs Kata : jika memungkinkan tampilkan pada resume anda data-data pencapaian/prestasi anda dengan angka-angka yang lebih mudah dibaca daripada menyampaikan dengan kata-kata

Demikian tips menulis resume / CV yang menjual, jika ada yang hendak anda tanyakan silahkan tuliskan pada komentar dibawah.


Previous
Next Post »