Data-data yang Harus Disiapkan untuk Membuat Personal Statement

Personal statement (pernyataan pribadi) adalah essai yang berisi narasi persuasif untuk meyakinkan pembacanya bahwa sang penulis memiliki kualitas dan kesesuaian yang memenuhi syarat untuk mendapatkan sesuatu yang menjadi tujuan dibuatnya personal statement. Seringkali personal statement dijadikan syarat dalam melamar program pendidikan dan beasiswa.

Beda dengan curriculum vitae yang bisa berupa tabel maupun grafik, personal statement harus dalam format narasi essai. Bila curriculum vitae berisi data fakta yang lugas sehingga mudah dibaca dan dipahami, personal statement menampilkan data dengan balutan narasi yang bisa memengaruhi emosi dan keyakinan pembacanya.

Curriculum vitae maupun Personal Statement, sama-sama membutuhkan data yang sepesifik dan akurat, meskipun penyajiannya berbeda.

Sebelum Anda membuat personal statement, Anda harus mengumpulkan data sebanyak dan selengkap mungkin sehingga saat menulisnya tinggal menggulirkan kata-kata yang tepat dalam kalimat-kalimat persuasif- komunikatif.

Jasa Pembuatan Personal Statement
Data-data yang dibutuhkan untuk membuat personal statement adalah :

Informasi tentang Perguruan Tinggi dan Jurusan yang Anda bidik.

Meskipun ada yang menyarankan untuk cukup membuat satu versi Personal Statement yang dikirimkan ke sebanyak-banyaknya perguruan tinggi, saya tetap yakin bahwa pernyataan  yang sepesifik jauh lebih menarik dan meyakinkan. Pernyataan dalam Personal Statement mengenai informasi tentang Perguruan Tinggi dan jurusan yang Anda bidik menunjukkan keseriusan Anda mendaftar. Kesan bahwa Anda benar-benar tertarik untuk mengikuti jurusan atau program pendidikan itu akan sangat kuat bila dalam personal statement tersurat bahwa Anda mengenal dan memahami seluk beluk tentangnya, bukan asal melamar atau mendaftar. Selain itu, yang merupakan aturan dasar pikiran manusia, petugas penyeleksi akan merasakan suatu ikatan saat membaca informasi yang sangat familiar baginya, yaitu tentang perguruan tinggi tempatnya bekerja.

Informasi tentang riwayat pendidikan

Tentu saja segala informasi tentang riwayat pendidikan sangat dibutukan untuk membuat sebuah dokumen yang menjadi syarat pendaftaran program pendidikan. Siapkan semua data tentang riwayat pendidikan Anda, dan pilih yang paling sesuai dengan jurusan yang Anda bidik. Dalam personal statement, informasi riwayat pendidikan yang penting adalah prestasi dan aktivitas yang relevan dengan program studi yang dituju.

Infomasi Mata kuliah atau Course

Bila Anda melakukan penggalian informasi untuk point 1 dengan cermat, pasti Anda juga akan mendapatkan banyak informasi tentang mata kuliah/course yang bisa dipilih untuk menyusun rencana studi (Study Plan). Bila situs kampus yang Anda tuju kurang lengkap menampilkan pilihan mata kuliah/course, Anda bisa mencarinya pada jurusan yang sama di kampus yang berbeda.

Rencana studi yang Anda sampaikan dalam personal statement akan meyakinkan tim penyeleksi bahwa Anda memiliki rencana yang sangat matang dalam menempuh program studi tersebut.

Jasa Pembuatan Personal Statement
Jasa Pembuatan Personal Statement


Latest
Previous
Next Post »