Perbedaan Utama antara CV dan Resume beserta Contoh CV dan Resume

Jumat, 21 Maret 2014 | komentar

Perbedaan  antara CV,  Resume berserta Contoh CV dan Resume


Ada yang menanyakan kepada kami perbedaan antara CV (Curriculum Vitae) dan Resume.

Perbedaan yang paling kelihatan adalah pada  “panjang-nya halaman”.  Secara umum  resume lebih ringkas karena umumnya hanya 1 halaman atau paling panjang 2 halaman ukuran A4.

Resume hanya berisi tentang keahlian, pendidikan, pengalaman kerja atau pengalaman organisasi yang benar-benar relevan dan sesuai dengan posisi pekerjaan akan dilamar.

Adapun CV (Curriculum Vitae) atau biasa disebut  dengan daftar riwayat hidup berisi tentang data diri pelamar  yang lebih lengkap dan terperinci, mulai tanggal lahir, pendidikan, penghargaan , pengalaman kerja, keahlian dan lain sebagainya.  Karena itu CV biasanya membutuhkan sampai 2 halaman atau lebih.

Penggunaan CV di Amerika  biasa digunakan untuk  kepentingan akademik seperti mengajukan permohonan beasiswa dan proposal penelitian. Sedangkan Resume digunakan untuk dunia kerja karena lebih ringkas dan jelas dan berisi keahlian/kemampuan yang dibutuhkan perusahaan.

Adapun di negara Asia, Timur Tengah dan sebagian negara Eropa CV digunakan baik untuk kepentingan akademik dan juga untuk melamar pekerjaan.

Lantas anda harus memakai yang mana?

Mudah saja, pilih yang sesuai permintaan dari perusahaan atau jika anda merasa lebih nyaman dengan yang ringkas silahkan pakai resume.


Anda masih bingung menentukan solusinya? Silahkan hubungi kami untuk membantu anda. Mudah Bukan? 






Berikut Contoh Resume











demikianlah artikel perbedaan antara CV dan Resume ini semoga bermanfaat




Share this article :

Poskan Komentar