10 Kesalahan Saat Menulis Surat Lamaran Kerja # 2

Selasa, 11 Februari 2014 | komentar

Artikel  ini adalah bagian kedua dari artikel sebelumnya yang berjudul 10 Kesalahan Saat Menulis Surat Lamaran Kerja # 1

6. Menjiplak Template Apa Adanya 

Banyaknya contoh surat lamaran yang ada di internet yang bentuknya berupa template (form jadi) memudahkan para pencari kerja untuk membuat surat lamaran. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah jika mengambil contoh surat lamaran atau CV atau resume tersebut tanpa melakukan perubahan yang berarti akibatnya bila tidak teliti akan merugikan pelamar kerja tersebut. Ingatlah bahwa menulis surat lamaran atau CV atau Resume satu dengan yang lainnya harus berbeda sesuaikan dengan posisi lowongan pekerjaan yang akan dilamar dan juga pertimbangkan calon perusahaan yang akan anda lamar.

 7. Menuliskan “Kejelekan” tempat Kerja Lama. 

 Ya, memang ada biasanya hal ini ditanyakan pada wawancara, tetapi ada juga yang meminta anda menuliskannya dalam CV atau surat lamaran kondisi tempat kerja sebelumnya. Maka berhati-hatilah untuk menuliskan “testimoni negarif” tentang perusahaan lama, karena saat ini “dunia saat ini semakin sempit”, bisa jadi calon bos anda ternyata mengenal pemilik perusahaan atau yang anda kritik tersebut.

 8. Mengirimkan Beberapa Surat Lamaran Secara Bersamaan! 

Karena ini bukan undangan nikah, maka hindari mengirim beberapa surat lamaran dalam sekali kirim – apalagi jika anda menggunakan email. Saat ini beberapa perusahaan mengijinkan mengirim surat lamaran lewat email. Waspadalah jangan mengirim satu surat lamaran anda dengan cara me-CC atau BCC dalam email anda. Sekali lagi, surat lamaran kerja untuk satu perusahaan berbeda seharusnya berbeda dengan yang lainnya, maka jangan pernah membuat satu surat lamaran kerja tunggal dan hanya mengganti alamat tujuannya! 

 9. Alamat Email, Blog, Medsos dengan Bahasa Gaul dan Alay!

Ingat-ingat, yang membaca, menerima dan menyeleksi surat lamaran anda bukan anak-anak alay atau yang biasa cengengesan di media sosial. Oleh karena itu hati-hatilah jika anda menggunakan akun email, blog atau media sosial dengan nama yang terlihat aneh seperti: siskaimoetz@hotmail.com atau Facebook.com/pangeran-baja-hitam . Jika anda masih belum punya akun email, medsos atau blog yang serius maka buatlah dulu sesuai dengan nama anda sebelum anda mengirimkan kepada calon bos anda. 

 10. Tidak ada Posisi Yang Dilamar ! 

 Memang untuk keperluan magang, anda bisa tidak mencantumkan posisi pekerjaan pada perusahaan yang anda tuju, tetapi jika anda melamar pekerjaan adalah keharusan mencantumkan posisi pekerjaan yang hendak anda lamar. 

 Demikian sekilas artikel tentang 10 Kesalan dalam Membuat Surat Lamaran, untuk artikel-artikel terkait dunia kerja silahkan anda kunjungi situ Job Hunting Center




*) pernah dimuat dikompasiana dengan beberapa beberapa perubahan

*) gambar diambil dari 

 http://i01.i.aliimg.com/photo/v0/12251465/Wedding_Invitation_Card.jpg

 Untuk memudahkan dalam pemesanan penulisan surat lamaran, cv dan resume silahkan baca form isian di sini atau langsung unduh di sini
Share this article :

Poskan Komentar