Sudahkah Anda Memuat Kartu Nama?

 
credit: www.freshbusinesscards.com


Para pencari kerja, terutama yang baru lulus sering menganggap sepele untuk mempunyai Kartu Nama, business card. 

Padahal ada banyak keuntungan jika mereka mempunyai kartu nama, berikut ini beberapa diantaranya:

Pertama, kartu nama merupakan bentuk curriculum vitae singkat – atau mini CV bagi pemburu kerja, dengan membacanya orang akan segera tahu “apa kompetensi pemiliknya” – makanya saat membuat kartu nama perlu mempertimbangkan apa saja yang harus anda dicantumkan (Baca Tips Membuat kartu nama yang menjual

Kedua, menurut sebuah penelitian, 80% informasi lowongan pekerjaan tidak dipublikasikan secara terbuka, tetapi lebih banyak melalui referensi atau informasi dari “orang dalam”. Sehingga banyak lowongan kerja yang didapatkan justru dari informasi “pertemanan atau kekerabatan”, atau networking information. 

Jika pemburu kerja punya kartu nama yang "menjual", maka orang lain yang menerima kartu nama tersebut  akan dengan mudah mengingat komptensi pemilik kartu nama, sehingga jika suatu saat ada informasi yang cocok dan sesuai dengan kompetensi tersebut bisa jadi orang tadi akan memanggil sang pemilik kartu nama.  

Ketiga, saat selesai wawancara dengan recruiter yang terbaik adalah memberikan “kemudahan” baginya untuk menghubungi mereka yang telah diwawancarai, karena bisa jadi yang diwawacarai puluhan atau ratusan pelamar.  Maka dengan kartu nama tadi akan mempermudah mereka mengingatnya.

Keempat, saat antri di job fair atau  menunggu wawancara kerja, pernahkan anda mencoba membangun jejaring dengan pemburu kerja lain di sekitar anda?
Dengan membangun jejaring membuat anda menjadi orang yang berpeluang mendapatkan informasi peluang kerja lain. Mengapa? 

Karena mungkin saja pada kesempatan itu anda belum beruntung dan tidak lolos, tetapi dengan punya teman yang memegang kartu nama anda yang lolos dalam tes/wawancara.. suatu saat jika di perusahaan tersebut membutuhkan karyawan lagi, bisa jadi anda akan menjadi salah seorang kandidat yang akan dihubungi kawan anda tadi. 

itulah beberapa manfaat mempunyai kartu nama.
Nah, silahkan membuatnya jika belum punya..
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar