Menyampaikan Prestasi dalam Surat Lamaran Kerja dan Resume/CV

Senin, 09 Juni 2014 | komentar

Beberapa client kami tidak bersedia menjawab bila ditanya prestasi saat bekerja. Setelah kami  tanya dengan kalimat lain akhirnya mereka bisa menjawab.

Banyak orang yang memiliki pemahaman yang salah tentang prestasi. Mereka menganggap bahwa prestasi harus berupa penghargaan resmi dalam bentuk sertifikat atau piala. Mereka menganggap prestasi harus dilegalkan dalam sebuah pernyataan resmi dari perusahaan.

Bila anggapan itu benar, maka akan banyak sekali insan-insan professional berkualitas yang tidak memiliki prestasi, padahal mereka berhasil berkontribusi nyata mengembangkan perusahaan tempatnya bekerja, karena ternyata banyak  perusahaan yang tidak memiliki tradisi memberikan penghargaan resmi bagi karyawan-karyawan mereka yang berkualitas. Banyak pula perusahaan yang memberikan penghargaan dalam bentuk insentif, atau bonus, atau kenaikan gaji, tanpa menyebutkan berdasarkan prestasi apa penghargaan itu diberikan, tanpa sebuah dokumen resmi kecuali slip pembayaran bonus atau gaji.

Meskipun tidak ada bukti otentik dalam bentuk sertifikat, selama prestasi itu benar-benar Anda capai, sebenarnya Anda memiliki kesempatan untuk membuktikannya saat wawancara kerja. Dengan kejujuran Anda jelaskan  bagaimana prestasi itu bisa dicapai, biarkan petugas pewawancara kerja menilai dan mempertimbangkan penjelasan Anda.

Bila enggan menyantumkan prestasi Anda dalam resume/CV karena tidak ada bukti otentik dalam bentuk sertifikat, maka tidak akan ada kesempatan untuk menjelaskan dalam sesi wawancara kerja. Petugas penyeleksi kandidat karyawan tidak tertarik untuk menghubungi Anda. Padahal Anda jauh lebih berkualitas dibanding pelamar kerja lain yang memiliki sertifikat penghargaan namun tidak mampu menjelaskannya dalam sesi wawancara kerja.


Kami memiliki form standard yang harus diisi untuk membantu Anda membuat sebuah surat lamaran kerja dan resume/CV yang powerful dan memiliki selling point. (bisa Anda download di sini). Dan kami akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan lanjutan untuk mendapatkan informasi lebih dalam tentang diri Anda sehingga bisa menjadi dasar untuk sebuah surat lamaran kerja yang menarik, memukau dengan tetap berlandaskan fakta, realita, dan kejujuran.



gambar dari http://www.all-free-download.com
Share this article :

Poskan Komentar