Cara Membuat Surat Lamaran Kerja – Pantang Menulis ‘dan lain-lain’

Masih banyak para pelamar kerja yang menggunakan kata ‘dan lain-lain’ dalam membuat suratlamaran kerja atau resumenya. Padahal kata-kata itu tidak efektif dan memberi kesan negative.

Berikut beberapa kesan negative yang ditimbulkan kata-kata ‘dan lain-lain’

1.     Kesan Malas.
‘dan lain-lain’ ditulis panjang pun sudah terkesan malas, apalagi disingkat. Surat lamaran adalah surat penawaran diri Anda agar dipilih oleh perusahaan menjadi karyawan. Anda harus mampu menunjukkan dengan kata-kata yang efektif dalam surat lamaran bahwa Anda memiliki apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Setiap kata yang Anda tulis harus bermanfaat untuk tujuan itu. Penggunaan kata ‘dan lain-lain’ menyiratkan bahwa Anda punya banyak hal yang ingin disampaikan tetapi malas melakukannya.

2.     Kesan Kurang Antusias.
Semua perusahaan pasti mencari calon karyawan yang bersungguh-sungguh bersedia bekerja di tempatnya. Penggunaan kata-kata ‘dan lain-lain’ mengesankan Anda enggan menyampaikan semua hal karena kurang antusias. Kata ‘dan lain-lain’ bisa ditafsirkan menjadi kalimat ‘silakan cari sendiri apa saja selebihnya’.

3.     Kesan Kurang Mengenali Diri Sendiri.
Pembaca surat lamaran Anda sangat mudah menyimpulkan bahwa Anda kurang mengenali diri sendiri. Saat membaca ‘dan lain-lain’ mereka akan menganggap bahwa Anda menggunakan kata-kata itu karena Anda tidak tahu apa lagi yang harus ditulis. Anda akan dianggap tidak mengenali diri sendiri : tidak paham pekerjaan yang sedang Anda jalani, tidak tahu apa saja kemampuan yang Anda miliki, tidak tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan.


Hindari menuliskan kata-kata ‘dan lain-lain’ dalam surat lamaran Anda! Bila Anda memang punya banyak sekali keahlian, sehingga akan menyebabkan surat lamaran Anda menjadi terlalu panjang bila dituliskan semua, maka sebaiknya Anda pilih dan fokus hanya pada keahlian yang paling sesuai dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar.

Gambar dari http://www.all-free-download.com
Previous
Next Post »