10 Kesalahan saat Menulis Surat Lamaran # 1

Kamis, 23 Mei 2013 | komentar


Apakah membuat surat lamaran bisa salah?

Tentu saja! Akan tetapi  kami yakin anda tidak akan melakukannya jika sudah membaca artikel 10 Kesalahan Saat Menulis Surat Lamaran Kerja # 1

Nah, apa sajakah kesalahan-kesalahan itu?

1. Tulisan Tangan!,
Ada beberapa perusahaan yang masih meminta menulis surat lamaran dengan menggunakan tangan.  Namun saat ini sebagian besar dunia bisnis saat ini  sudah mewajibkan karyawannya untuk menguasai beberapa program aplikasi perkantoran (baik yang berbayar seperti MS Office atau yang gratis seperti OpenOffice / Libre Office / Kingsoft Office).
Makanya bila masih ada yang menulis surat lamaran dengan tangan maka tentu sang pelamar bisa dianggap tidak menguasai software perkantoran, lebih ribet lagi jika harus mengirim surat lamarannya menggunakan email. Susah, kan? 

2. Tata Letak yang tidak Nyaman Dilihat
Menulis surat lamaran, CV dan Resume, tentu tidak sama dengan menulis skripsi atau tugas akhir di kampus anda. Karena umumnya tugas akhir atau karya ilmiyah tidak mementingkan layout (tata letak). Tetapi saat menulis surat lamaran, semakin bagus “tampilan”,  tertata dengan bagus dan nyaman dilihat tentu akan lebih menarik perhatian bagi calon bos anda.
Jika anda kesulitan atau merasa kurang menguasai dalam membuat surat lamaran, CV atau resume yang mempunyai tata letak yang bagus silahkan hubungi www.jasaghostwriter.net untuk membantu anda. 


3. Menjejali semua Sertifikat! 
Seorang kandidat spesial  tidak akan pernah melampirkan semua sertifikat yang dia punyai KECUALI  yang memang benar-benar relevan dengan posisi yang akan dilamar.
Pesannya: jangan pernah anda melampirkan sertifikat juara satu lomba catur untuk melamar sebagai tenaga desain grafis. 

4. Salah Ketik Disana-sini. 
Salah ketik pada surat lamaran, resume atau CV menunjukkan bahwa:
Pertama, pelamar tidak serius. Lebih parah lagi jika sampai salah menuliskan nama perusahaan.
Kedua, pelamar ceroboh. Dari kesalahan tersebut calon bos anda akan menilai jika anda seorang yang ceroboh dan tidak cermat dalam pekerjaan. Susahnya lagi jika sampai ada penilaian bahwa hal itu adalah indikasi dari kemalasan.
Makanya pastikan untuk membaca ulang sebelum mengirimkan surat lamaran, karena surat lamaran adalah kesan pemberi pertama anda pada calon bos anda. 

5. Ada Tip-ex 
Bisa saja ini terjadi, jika harus mengirimkan surat lamaran melalui jasa eskepedisi/ pos.

Apabila ada kesalahan tulisan, lebih baik membenahi dan menulis ulang lagi (jika harus memakai tulisan tangan) atau print ulang jika menggunakan komputer. 


insyaAllah bersambung di tulisan ini

*) pernah dimuat dikompasiana dengan beberapa beberapa perubahan

*) gambar diambil dari http://media.thereadystore.com/

 Untuk memudahkan dalam pemesanan penulisan surat lamaran, cv dan resume silahkan baca form isian di sini atau langsung unduh di sini
Share this article :

Poskan Komentar