Syarat Kompetensi Anggota DPR

Rabu, 03 Oktober 2012 | komentar


"DPR itu fungsinya apa?"
Konon Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu  fungsinya mewakili rakyat.

"Anggota DPR apa tugasnya? Jawablah dengan singkat dan sederhana!"

orang yang jadi anggota DPR tugasnya menampung aspirasi rakyat, mengawal kepentingan rakyat dan menyampaikannya kepada pemerintah dan menyampaikan suara rakyat yang diwakilinya.

"Hedeh, tolong dijawab secara singkat dan sederhana! 

Atau sata bantu menyederhanakan? 

Tugas DPR itu menampung dan menyampaikan suara masyarakat,  lebih sederhananya tugas DPR itu mendengar rakyat dan berbicara kepada pemerintah, Begitu?!"

Ya memang begitu! 

"Kalo begitu anggota DPR mestinya ahli mendengar dan bicara?"

Seharusnya memang demikian, tapi juga juga harus punya empati, punya sensibilitas yang tinggi terhadap kondisi rakyat yang diwakilinya.

"Baiklah, kesimpulannya DPR mesti dan harus jadi ahli mendengar, ahli melihat, ahli merasa, dan ahli bicara..! Hanya itu khan?"

Benar kalau "mendengar, melihat, merasa, dan bicara" diartikan secara luas! Ya kalau kejujuran, kecerdasan, kebijaksanaan, komitmen, kompeten sudah termasuk dalam kata 'ahli'. Ya memang hanya itu...

"Baiklah, kita sepakat! Mendengar, melihat, merasa, dan bicara adalah unsur-unsur komunikasi. Berati anggota DPR harus ahli komunikasi. Bagaimana?"

Iya...Benar juga...Bagaimana jadinya bila anggota DPR gagal berkomunikasi dengan rakyat yang diwakilinya. Alangkah runyamnya bila anggota DPR tidak mampu berkomunikasi dengan pemerintah, pemimpin pemerintahan.

"Sip...Kita semakin menemukan banyak persamaan. Berarti pada pemilu legislatif nanti kita harus mencari calon-calon legislatif yang punya keahlian komunikasi yang tinggi??"
Ya tidak hanya ahli komunikasi, tapi yang juga  penting adalah jujur, punya komitmen, dan cerdas.

"Lha tadi khan kita sudah sepakat bahwa dalam kata 'ahli' sudah termasuk kejujuran, komitmen, cerdas, kebijaksanaan, dan kompetensi?!?"
Hmmm...Iya benar...

"Sepakat ya bahwa calon legislatif yang baik itu adalah ahli komunikasi!?!"
Ok...Sip...

"Berarti seorang calon legislatif harus bagus dalam mengomunikasikan visi, misi, rencana-rencana kepada calon pemilihnya sebagus dia memahami apa yang dibutuhkan masyarakat. Begitu khan?"
Yup...Harus begitu...Dia juga harus mampu mengenalkan dirinya kepada masyarakat bahwa dia punya sumber daya yang berkualitas sehingga layak untuk dipilih.

"Tidak hanya sekadar mengenalkan diri tapi dia harus mampu membuat masyarakat, calon pemilihnya, benar-benar mengenali dirinya sebagai wakil yang terbaik"
Iya...Harus punya kemampuan itu...

"Naaah...Seandainya saya mau maju sebagai calon anggota legislatif dalam Pemilu 2014, berarti saya harus ahli komunikasi ya?"

Iya...Harus...! Tapi tidak perlu khawatir...Kami bisa membantu Anda berkomunikasi dengan calon pemilih Anda melalui beberapa media. Bahkan kami bisa membantu membuat buku biografi tentang diri Anda sehingga masyarakat bisa mengenali Anda dan mantap memilih Anda sebagai wakilnya.

*******

gambar diambil dari www.customicondesign.com
Share this article :

Poskan Komentar